Home Uncategorized Khofifah: Pemuda Muhammadiyah Organisasi Egaliter

Khofifah: Pemuda Muhammadiyah Organisasi Egaliter

by superadmin

Dikutip dari klikmu.co.

KLIKMU.CO – Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur mendapat pujian dari Khofifah Indar Parawansa sebagai organisasi yang mengusung spirit egaliter alias menjunjung kesetaraan.

”Saya menangkap ada egalitarianisme di dalam tubuh Muhammadiyah. Terlihat dari baliho yang di bawah. Ada Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah yang ditulis Cak Nanto (Sunanto, Red), lalu ada Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jatim Cak Dikky (Dikky Syadqomullah),” kata Gubernur Jatim Khofifah.

Hal itu disampaikan Khofifah saat membuka rapat pimpinan wilayah 1 (rapimwil 1) Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Timur di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jalan Balong Sari Tama, Tandes, Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Menurutnya, semangat egalitarianisme itu merupakan sebuah pintu masuk  bagaimana fastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan bisa berjalan berseiringan. Fastabiqul khairat adalah sebuah proses ketika kita semua saling unjuk kualitas.

“Dengan posisi egalitarianisme ini juga menunjukkan bagaimana kepemimpinan itu diasah, diasuh, kemudian mendapatkan ruang untuk membangun dedikasi pengabdian sesuai dengan profesi masing-masing,” jelas mantan Mensos tersebut.

Akan lebih baik jika kepemimpinan di tubuh Pemuda Muhammadiyah diisi oleh aneka ragam karakter. Seperti halnya yang ada di masa Rasulullah SAW. Misalnya, ada sosok Abu Bakar As-Sidiq yang dituakan sehingga dapat mengambil hikmah kebijaksanaannya.

Ada pula sosok Umar bin Khatab yang dikenal akan keberaniannya. Lalu sosok Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

“Di tubuh Pemuda Muhammadiyah jika punya banyak posisi dan karakter seperti itu akan lebih baik. Sehingga gerakan jadi tersupport dan ekosistem pun terbangun,” paparnya.

Khofifah tak lupa berterima kasih kepada keluarga besar Muhammadiyah dan khususnya Aisyiyah atas perannya dalam menurunkan angka stunting. “Inilah PR kita bersama untuk terus menurunkan angka stunting agar angka indeks pembangunan manusia di Jawa Timur meningkat,” tegasnya.

Selain Gubernur Khofifah, acara Rapimwil 1 PWPM Jatim itu juga dihadiri oleh Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Dr Saad Ibrahim MA, dan sejumlah tokoh lain. Juga dihadiri peserta dari seluruh daerah di Jawa Timur. Acara terselenggara dengan protokol kesehatan ketat. (AS)

Link berita asli: http://klikmu.co/khofifah-pemuda-muhammadiyah-organisasi-egaliter/

Related Articles

Leave a Comment